Friday, June 22, 2012

Pengertian Filsafat Ilmu


Filsafat ilmu



Robert Ackermann: Filsafat ilmu adalah sebuah tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini yang dibandingkan dengan pendapat-pendapat terdahulu yang telah dibuktikan.
Lewis White Beck: Filsafat ilmu itu mempertanyakan dan menilai metode-metode pemikiran ilmiah, serta mencoba menetapkan nilai dan pentingnya usaha ilmiah sebagai suatu keseluruhan .
Cornelius Benjamin: Filsafat ilmu merupakan cabang pengetahuan filsafati yang menelaah sistematis mengenai sifat dasar ilmu, metode-metodenya, praanggapan-anggapannya, serta letaknya dalam kerangka umum dari cabang pengetahuan intelektual.
May Brodbeck: Filsafat ilmu itu sebagai analisis yang netral secara etis dan filsafati, pelukisan, dan penjelasan mengenai landasan-landasan ilmu.

Beberapa pihak menawarkan empat pandangan untuk menetapkan dasar pemahaman tentang filsafat ilmu:
Pandangan pertama mengemukakan filsafat ilmu adalah perumusan pandangan dunia yang konsisten dengan, dan pada beberapa pengertian didasarkan atas teori-teori ilmiah yang penting.
Pandangan kedua mengemukakan filsafat ilmu adalah pemaparan (exposition) dugaan (presupposition) dan kecenderungan (predisposition) para ilmuan.
Pandangan ketiga mengemukakan bahwa filsafat ilmu adalah suatu disiplin; dalam disiplin ini konsep dan teori tentang ilmu di analisis dan diklasifikasikan.
Pandangan keempat mengtemukakan bahwa filsafat ilmu merupakan suatu payokan tingkat kedua (second order criiteology).

No comments:

Post a Comment