Friday, May 20, 2011

Kalimat Umum dan Khusus

Kalimat umum adalah kalimat yang di terangkan. Kalimat umum juga bisa disebut kalimat topik atau pikiran utama yang ada dalam paragraf. Kalimat-kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau mempunyai keterikatan dalam membentuk gagasan atau topik tersebut. Sebuah paragraf terdiri dari beberapa kalimat, mungkin terdiri atas dari dua buah kalimat, mungkin juga terdiri dari dua buah kalimat lebih. Bahkan kita sering menjumpai paragraf yang terdiri atas lima buah kalimat lebih yang setiap paragraf tersebut akan kita temukan kalimat umumnya.
Kepaduan paragraf dapat terlihat melalui penyusunan secara logis dan melalui ungkapan-ungkapan pengait antar kalimat. Urutan logis akan terlihat dalam susunan kalimat-kalimat dalam paragraf itu. Dalam paragraf itu tidak ada kalimat-kalimat yang sumbang atau keluar dari permasalahan yang dibicarakan. Penyusunan kalimat-kalimat yang logis dan terpadu dapat dapat membentuk kalimat umumatau pikiran utama dalam paragraf tersebut.
Kalimat khusus adalah kalimat yang menerangkan. Dalam penyusunannya kalimat khusus terdiri atas kalimat-kalimat yang mendetail atau menjelaskan. Kalimat khusus akan selalu mengikuti kalimat umum sebagai kalimat yang menerangkan dalam sebuah paragraf.

No comments:

Post a Comment